Pages

Tuesday, November 12, 2019

LESTARIKAN BUDAYA

Sekar adalah salah satu dari beberapa orang yang mengikuti sanggar tari Pustaka. Sanggar tari Pustaka memang terkenal dengan sanggar tari terbaik di kota ini. Bayangkan Sekar dan teman-teman Sekar sudah keliling dunia untuk menampilkan tarian khas Indonesia. Kira-kira Sekar dan teman-temannya sudah sampai di Australia, China, Filipina, Belanda, Jerman, Suriname, Jepang dll. Baru-baru ini saja katanya Sekar akan lomba menari tradisional hanya individu di singapura.

Memang kadangkala di sekolah Sekar diejek oleh teman-temannya yang sombong-sombong mereka tak mau berteman dengan Sekar karena ia adalah seorang yang sederhana apalagi begitu teman-temanya tau bahwa Sekar mengikuti sanggar tari tradisional, dan teman-teman Sekar menganggap Sekar “NGGAK LEVEL”. Tidak dengan Fifi ia bersahabat dengan Sekar sejak kecil jelas saja mereka bertetangga. Sekar memberikan surat untuk bu Lina “Sekar semoga sukses ya..” sekar menjawab “iya bu.. terimakasih”.

Saat istirahat kelompok teman-teman yang sombong berkumpul yaitu Angel, Chatrin, Oca, Vita, Clarin mereka membicarakan Sekar Angel berkata “halah paling Cuma nari-nari di rumah saudaranya hahaha NGGAK LEVEL” kata mereka hampir bersamaan. Seminggu telah berlalu dan Sekar memberitaukan bahwa ia menari tradisional individu mendapat juara 2.

Saat upacara hari senin Sekar dipanggil maju kedepan pak kepala sekolah berkata ” ekar Ayu Lestini, selamat taukah sekar mendapat juara 2 ia lomba di singapura, ia hanya menarikan tarian tradisional bapak bangga mempunyai murid yang masih melestarikan budaya kita, bayangkan di singapura, silahkan sekar” sekar berpidato “Pertama-tama saya berterimakasih kepada Tuhan yang Maha Esa, bapak-ibu guru, dan semua teman-teman jika misalnya bu Lina tidak mengijinkan saya ijin pasti sangat disayangkan sekali saya tak mendapatkan piala ini, saya sungguh berterimakasih kepada semua yang mendukung saya, sanggar tari, ibu saya, keluarga. Tuhan, teman-teman, semuanya saja TERIMAKASIH” semua bertepuk tangan.

Walaupun juara 2 tapi hadiah yang dihadiahkan lumayan, uang kira-kira 50.000.000 piala, sertifikat. itu merupakan kebanggaan untuk semua. Saat di kantin sekar dan fifi bertemu gerombolan anak sombong fifi berkata kepada angel “hei kamu kira sekar libur seminggu pergi ke desa tidak, apa kau pernah keliling dunia hai orang-orang sombong, belum pernah aja sombong” Sekar menenangkan fifi “Fifi sudah ayo kita pergi”

“Fifi terimakasih kau sudah mendukungku ya.. kau memang sahabatku yang baik” fifi berkata “Sekar kau tau… aku bangga sekali mempunyai teman sepertimu, aku sampai berfikir siapa aku hingga bisa berteman denganmu” sekar berkata “Fifi kau tau aku hanya ditugaskan untuk melestarikan budaya kita yang ada di Indonesia aku tak mau budaya kita diambil orang lain”

“sekar aku akan membantumu”


Karya : Agnes Sekar

No comments:

Post a Comment

SAHABAT

Dodo duduk di halaman belakang rumah sedang asik main game di Hp-nya. Tony yang selesai mengerjakan tugas kuliahnya, ya keluar dari kamarnya...