Pages

Sunday, November 17, 2019

KARAUKE LAGU MINANG

Hallo, semuanya. Perkenalkan aku Flora Nashita. Panggilnya Flo saja. Aku akan menceritakan kisahku saatku kelas 3 SD.

“Anak-anak, Indonesia ragam akan budaya. Tugas hari ini, Ibu minta kalian menulis lagu dari daerah kalian masing-masing. Ibu kasih waktu kalian 15 menit saja. Cepat dimulai dari sekarang!” ujar Bu Itha, guru IPS Flo.

Semua murid termasuk aku mengeluarkan buku tulis IPS.

“Flo, kamu nulis lagu apa? Judulnya aja” tanya teman sebangkuku. Witha.

“Entahlah” jawabku singkat.

“Bu Itha, boleh cuma reff lagunya aja gak?” tanya salah seorang temanku.

“Boleh” jawab Bu Itha. Aku memandang ke luar dari kelas. Aku sebagai orang dari Sum-Bar, jujur tak pernah dengar lagu Minang.

Aku melirik jam tanganku. Tinggal 10 menit. Aku berusaha berpikir. Aku teringat lagu minang yang pernah kakakku nyanyikan.

Aku menulis sesuatu di bukuku. Isinya seperti ini:

ANDAM

Reff

Bukan denai takui mandi yo andam oi

Denai nan takui basah-basah…

Bukan denai takui mati yo andam oi

Denai nan takui patah-patah…

Andam oi andam

Andam oi andam

Andam oi andam oi andam oi

“Waktu habis anak-anak!” umum Bu Itha.

Aku mengumpulkan bukuku. Bu Itha memanggil anak-anak sesuai tumpukkan buku. Aku menaruh bukuku setelah buku Witha.

“Witha Thana Naola” panggil Bu Itha. Witha maju lalu menyanyikan lagu dari Ja-Tim. Setelah selesai Witha kembali duduk.

“Flora Nashita” panggil Bu Itha. Aku maju dengan perasaan gugup.

“Teman-teman, aku akan menyanyikan lagu dari Sum Bar. Andam”

Aku melantunkan lagu minang itu. Aku berhenti sesuai yang aku tulis. Tapi…

“Bukittinggi koto rang agam yo andam oi” lanjut salah seorang temanku. Lagu itu terus melantun sampai berakhir di Witha. Ternyata satu kelas tau lagu itu. Sungguh Hebat…

Hari ini kami semua berKARAUKE!!!

TAMAT


Karya : Naira Khansa Nabila

No comments:

Post a Comment

SAHABAT

Dodo duduk di halaman belakang rumah sedang asik main game di Hp-nya. Tony yang selesai mengerjakan tugas kuliahnya, ya keluar dari kamarnya...